Siapakah Simone de Beauvoir ? Inilah Biografinya

Update Thursday, January 9, 2014 at 2:24 PM. Dalam topik Berita Terkini


Siapakah Simone de Beauvoir ? Inilah Biografinya - Sobat mungkin penasaran dengan tokoh perempuan yang tampil dalam Google Doodle alias Logo Google hari ini. Dia adalah Simone de Beauvoir. Hari ini 9 Januari 2014 adalah tepat ulang Simone de Beauvoir yang ke106. Siapakah Simone de Beauvoir ? Inilah Biografinya.

Simone de Beauvoir adalah tokoh feminisme modern sekaligus seorang filsuf yang tenar pada awal abad ke 20. Selain itu Simone de Beauvoir merupakan penulis novel, esai dan drama yang mengangkat tema-tema politik dan masalah sosial. Karyanya yang terkenal diantaranya adalah She Came to Stay (1943) dan The Mandarins (1954) serta buku Le Deuxemie Sexe yang diterbitkan pada 1949.

Simone de Beauvoir lahir di Paris pada tanggal 9 Januari 1908 dan meninggal di Paris juga pada tanggal  14 April 1986. Semasa kecil de Beauvoir adalah seorang yang sangat religius. Bahkan ia sempat berkeinginan menjadi seorang suster. Namun pada usia 14 tahun, de Beauvoir mengalami krisis keimanan yang membuatnya menjadi ateis hingga ia meninggal dunia.

Meski pernah dilamar oleh Jean-Paul Sartre namun pada akhirnya filsuf wanita terkenal ini tidak pernah menikah seumur hidupnya. Hidupnya difokuskan untuk mengajar dan berkarya di bidang politik, sosial, akademik dan karya tulis lainnya.

Karyanya yang paling fenomenal adalah Le Deuxemie Sexe. Di bukunya tersebut Simone de Beauvoir memaparkan bahwa perempuan selama ini menjadi gender kedua dalam masyarakat patriarkal. Saking fenomenalnya buku tersebut hingga membuat Vatikan menempatkan buku karya Le Deuxemie Sexesebagai buku terlarang.

Nah demikian sob informasi mengenai Siapakah Simone de Beauvoir.